Bodoh itu bukan tidak tahu, tidak tahu itu belum tentu bodoh.

Banyak orang yang mempunyai gengsi tingkat internasional sehingga tidak mau kalo dirinya dibilang tidak tahu. Padahal kalo memang tidak tahu ya sudah bilang saja tidak tahu. Baiknya mungkin agar bisa diberitahu orang yang sudah tahu, atau jika tidak ada yang memberi tahu ya baiknya bertanya. Toh, tidak ada ruginya kok kalo dicap sebagai orang yang tidak tahu. Memang butuh skill kerendahan hati yang sangat besar untuk mahluk-mahluk modern hingga bisa mengakui tentang ketidaktahuan dirinya terhadap sesuatu hal. Setidaknya, akui dulu saja bahwa diri ini tidak tahu, setelah itu mau bertanya atau mau tidak peduli itu urusan belakangan. Secara natural ketika manusia tidak tahu tentang sesuatu hal, maka instingnya akan secara natural untuk mencari tahu. Jalannya banyak, bisa jadi bertanya, bisa jadi buka google, bisa jadi berangkat ke perpustakaan untuk mencari literatur tentang hal-hal yang tidak diketahui.

Lalu apa kabarnya dengan orang yang tidak tahu, lantas tidak mau mencari tahu? Ya menurut pandangan saya, Bodoh adalah kata yang tepat disandangkan untuk manusia macam ini. Hakikat manusia adalah mahluk belajar sudah jelas tertulis.

Belajar seharusnya sejak dalam buaian sampai ke liang lahat, minal mahdi ilal lahdi, from cradle to the grave

Secara teori, manusia yang hingga akhirnya bisa lahir ke dunia adalah manusia yang unggul, setidaknya sudah berhasil mengalahkan satu sampai dua juta sperma yang berebut hingga bisa mendapatkan tempat untuk membuahi ovum. Jadi, jika ada manusia yang terlahir kedunia dengan merasa rendah diri dengan ketidakbisaannya adalah sayang sekali. Dengan usaha yang sedikit lebih keras, dan juga doa agar semesta dapat mendukung seharusnya manusia bisa mendapatkan apapun yang dia mau.

Tak ada yang salah jika saya dianggap bodoh, bahkan dengan judgement seperti itu saya akan berusaha keras untuk membuktikan bahwa hal tersebut salah dan tidak bisa dibuktikan. Makanya saya akan senang ketika ada orang yang menilai saya dibawah, dari pada menilai saya jauh terlalu tinggi. Selain saya tidak punya beban untuk membuktikan kehebatan, saya juga bisa lebih bebas ketika menyandang gelar bodoh.

It’s only after we’ve lost everything that we’re free to do anything.

― Chuck Palahniuk, Fight Club

Tidak tahu itu bukan bodoh, bodoh itu bukan hina. Bahkan manusia akan berhenti belajar hingga dirinya menklaim bahwa dia sudah tidak bodoh lagi. Mulai dengan segala ketidaktahuan, lalu lanjutkan dengan satu dua pertanyaan, hingga akhirnya bertemu dengan jawaban yang diharapkan, ulangi hingga jagoan.

 

Tulisan ini didedikasikan untuk manusia-manusia yang selalu berlindung di balik keangkuhannya karena merasa paling tahu.