Adalah merupakan sebuah standar yang butuh dianjurkan untuk laju perkembangan geliat aktivitas ekonomi negara berkembang. Seluruh elemen entitas negara yang tertaut dalam lingkaran perkembangan ekonomi harus satu visi, terintegrasi, dan saling melayani, demi percepatan tumbuh kembang perekonomian negri.

Salah satu motor penggerak yang belakangan ini berperan gesit dalam laju perekonomian negri ini adalah UKM (usaha kecil dan menengah). Jika dilihat dari sudut pandang manis, tak sedikit pelaku UKM yang mendapatkan untung besar dari bisnis yang mereka jalani, namun jika diperhatikan dengan lebih seksama sebenarnya masih banyak para pelaku UKM yang perkembangan bisnisnya masih belum optimal. Kondisi inilah yang membuat daya saing produk UKM di Indonesia masih lemah di pasar global, namun hal tersebut dapat diatasi oleh keberanian para pelaku UKM untuk berinovasi melalui jalur pemanfaatan teknologi. Tak bisa dibantahkan lagi jika para pelaku UKM lebih fokus pada produksi dengan harga murah lengkap dengan teknik pemasaran konvensional, tanpa banyak melibatkan pertimbangan pengoptimalan penjualan dengan teknik dan kemasan terkini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Wajar saja para pelaku UKM masih kalah bersaing dengan pelaku usaha dengan modal besar dan marketing yang baik. Namun dengan keadaan seperti itu pun pertumbuhan UKM di Indonesia terus tumbuh 7%-8% setiap tahun. Data Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, tahun ini ada 56,5 Juta UMKM di Indonesia dan menyumbang 90% pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Maka rasa-rasanya jika kita bisa ikut andil dalam pengembangan UKM di Indonesia, kita bisa ikut berperan riil dalam laju pertumbuhan perekonomian Indonesia. Mendengar dari salah satu rekan saya, yang beliau sudah menerapkan segmentasi harga jasa untuk korporasi besar, ukm, dan untuk kebutuhan personal. Saya pun mengikuti jejak beliau untuk itu. Jika hal tersebut dapat membantu laju pertumbuhan perekonomian di Indonesia melalui UKM, saya akan sangat bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.